CONTOH SISTEM OPEN SOURCE YANG BEKEMBANG DI DUNIA

Open Source Software (OSS) telah terbukti banyak memberikan kontribusi di bidang teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Kita bebas mengakses internet untuk berkomunikasi, berbagi, dan mendapatkan ilmu, antara lain karena internet didukung oleh produk-produk teknologi berbasis Open Source. Lisensi Open Source ini memungkinkan ilmu pengetahuan, informasi, dan software mudah didapatkan siapa saja, tanpa adanya hambatan hukum dan teknologi.

TIK merupakan salah satu teknologi strategis yang berperan penting hampir di seluruh aspek dalam pemerintahan. Untuk itu penguasaan TIK sangatlah penting bagi kita, selaku bagian dari aparat pemerintahan. Oleh karena itu, sebagai negara berkembang, Open Source menjadi penting bagi Indonesia

Nah berikut merupakan contoh kasus perusahaan yang menggunakan Sistem Open Source yang berkembang di Daegu,Korea Selatan.

Samsung at CES 2018: Devices, Appliances, and IoT

Samsung Group merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Didirikan oleh Lee Byung-chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan, perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja.

Samsung memilih metode open source untuk pengembangan bisnis IoT mereka. Menurut Daniel Park, Linux adalah sebuah kisah sukses dari teknologi open source yang populer. Dalam 20 tahun perkembangannya, Linux telah tersebar di berbagai platform dan perangkat yang berbeda dan perkembangannya semakin cepat dalam beberapa tahun terakhir. Daniel Park memberi contoh smartphone Tizen Samsung Z1, dimana 80% dari semua fungsi dan fitur didalamnya adalah open source. Samsung telah mencanangkan dalam lima tahun kedepan semua perangkat akan terhubung satu sama lain melalui teknologi IoT.

Daniel Park adalah peneliti senior di Samsung Electronics Software Center, khususnya yang berhubungan dengan media dan komunikasi digital. Selain itu dia juga menjadi wakil ketua dari IoTivity IOT Open Source Project di Linux Foundation. Sejak Juni 2014, dia juga terpilih untuk menjadi salah satu Dewan Penasehat (Advisory Board) di World Wide Web Consortium (W3C).

Sumber:

https://grobogan.go.id/info/artikel/561-open-source-bagi-instansi-pemerintah

https://www.tizenindonesia.org/2015/05/samsung-open-source-adalah-kunci.html?m=1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s