Ayo! Kita Jelajahi Pengembangan Sistem Informasi Saat Ini

7bdd92d481e278e87788446e487561bb204c3eb9.gif

APA ITU PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI ??

question-mark-animated-gif-21.gif

Yang dimaksud dengan pengembangan sistem informasi adalah menyusun suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada.

Sebenarnya untuk  menghasilkan sistem informasi tersebut terdiri dari :

  1. System analisis adalah upaya mendapatkan gambaran bagaimana sistem bekerja dan masalah-masalah apa saja yang ada pada sistem.
  2. System development adalah langkah-langkah mengembangkan sistem informasi yang baru berdasarkan gambaran cara kerja sistem dan permasalahan yang ada.

 

MENGAPA PERLU ADANYA PENGEMBANGAN SYSTEM INFORMASI??

  1. Menjamin adanya konsistensi proses.
  2. Dapat diterapkan dalam berbagai jenis proyek.
  3. Mengurangi resiko kesalahan dan pengambilan jalan pintas.
  4. Menuntut adanya dokumentasi yang konsisiten yang harus bermanfaat bagi personal baru dalam tim proyek.

 

Untuk memaksimalkan Sistem Informasi yang sudah ada harus diadakan pengembangan sistem informasi berdasarkan langkah-langkah yang ada agar Sistem Informasi mampu memberikan kegunaannya kepada pemakai dengan lebih mudah. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan pengembangan yaitu:

IS4.png

1. Survei

Survei yaitu tindakan yang dilakukan dengan terjun ke lapangan untuk mendapatkan informasi tentang apa yang dibutuhkan agar mempermudah proses pengembangan sistem.

  1. Analisis

Analisis merupakan tindakan yang dilakukan untuk menindaklanjuti hasil dari survei yang telah dilakukan dengan menganalisa langkah yang tepat dalam mengelola hal-hal yang dibutuhkan.

  1. Studi Kelayakan

Studi Kelayakan dilakukan untuk melihat apakah pengembangan yang dilakukan dapat direalisasikan atau tidak dengan mempertimbangkan berbagai factor seperti factor keuangan dan sebagainya.

  1. Desain

Desain dilakukan terhadap beberapa komponen yaitu database (database yang sederhana), input (aplikasi input yang interaktif), proses (jalannya proses sistem dengan baik) dan output (laporan dari hasil proses).

  1. Proses Pengembangan

Proses Pengembangan merupakan langkah untuk merealisasikan desain konsep sesuai dengan analisa yang tepat.

  1. Pengujian

Pengujian dilakukan terhadap sistem yang telah dikembangkan untuk mengurangi kegagalan sistem sebelum langkah selanjutnya.

  1. Pelaksanaan

Pelaksanaan merupakan proses implementasi dari sistem yang baru dengan menerapkan dan mengenalkannya kepadanya pemakai.

  1. Dokumentasi

Dokumentasi merupakan panduan yang diberikan kepada pengguna untuk mempermudah jalannya sistem.

     Metode System Development Life Cycle (SLDC)

Metode ini adalah metode pengembangan sistem informasi yang pertama kali digunakan makanya disebut dengan metode tradisional. Metode ini prototype Adalah tahap-tahapan pekerjaan yang dilakukan oleh analis sistem dan programer dalam membangun sistem informasi.

Adapun tahap-tahap tersebut yaitu:

  1. Melakukan survey dan menilai kelayakan proyek pengembangan sistem informasi.

Tahap ini akan ditentukan ruang lingkup proyek bagi semua pemakai sistem informasi dan berbagai tingkat pertanggungjawaban, meneliti masalah dan berbagai kemungkinan adanya kendala, menentukan sasaran proyek dan menentukan solusinya.

Hasil dari survey adalah laporan kelayakan studi berisi temuan-temuan, rekomendasi, pertimbangan biaya dan manfaat. Temuan ini harus diketahui oleh komite pengawas

  1. Mempelajari dan menganalisis sistem informasi yang sedang berjalan       

Mempelajari sistem yang sedang berjalan, mengetahui sebab dan kendala yang dihadapi. Hasil dari tahap ini adalah laporan yang mengungkapkan adanya berbagai permasalahan (problem statement)

  1. Menentukan permintaan pemakai sistem informasi

Hal terpenting dari sistem informasi adalah terlebih dahulu harus mendapat persetujuan dari para pemakai sistem (pemakai sistem dilibatkan). Hasil dari tahap ini adalah laporan permintaan dari pemakai sistem informasi yang akan dijadikan dasar untuk pembuatan keputusan.

  1. Memilih solusi atau pemecahan masalah yang paling baik

Dari berbagai solusi maka solusi dan pemecahan masalah terbaiklah yang akan dipilih yaitu berdasarkan hasil analisis permintaan pemakaian.

  1. Menentukan perangkat keras dan perangkat lunak komputer

Setelah proposal pengembangan sistem informasi disetujui maka ditentukan hardware dan software yang akan digunakan dan bagaimana cara mendapatkannya

  1. Merancang sistem informasi baru

Kegiatan perancangan sistem informasi baru umumnya meliputi: input, proses, output, bahan yang digunakan, metode dan prosedur serta pengendalian intern

  1. Mengkomunikasikan dan mengimplementasikan sistem informasi baru

Hasil penyusunan sistem informasi adalah sebuah software komputer yang siap pakai digunakan sesuai dengan kebutuhan users, selanjutnya analis harus memperkenalkan paket sistem informasi tersebut untuk dioperasikan (pelatihan users dll)

  1. Memelihara dan melakukan perbaikan/peningkatan sistem informasi baru

Pemeliharaan yang dilakukan adalah dengan melakukan perbaikan-perbaikan pada kesalahan atau kegagalan yang timbul dalam penggunaan sistem informasi.

Keterlibatan Pengguna dalam Pengembangan Sistem

Typical-Office.jpg

Berikut ini beberapa contoh bagaimana keterlibatan pengguna di dalam pengembangan suatu sistem, yaitu:

  1. Pentingnya bagi pengguna untuk menjelaskan bagaimana sistem yang sedang berjalan pada bagian tempat pengguna bekerja.
  2. Menemukan dan mendiskusikan permasalahan yang dihadapi dan bagaimana hal itu dapat diperbaiki pada sistem yang baru.
  3. Kemungkinan perlu untuk memakai tenaga analis sistem dan desainer yang dibutuhkan dalam pengembangan sistem untuk memenuhi kebutuhan bagian.
  4. Kemungkinan anda sebagai pengguna selalu dilibatkan di dalam hal persetujuan proyek dan anggaran sebagai anggota special steering committee.
  5. Pada saat pengembangan sistem akan selesai, pengguna akan dimintai bantuannya untuk mengevalusi dan uji coba, untuk memastikan bahwa sistem bekerja dengan sempurna.
  6. Anda sebagai pengguna turut membantu mempersiapkan sebagian dari dokumentasi yang dikumpulkan selama proses pengembangan sistem.
  7. Anda seharusnya menghadiri pengarahan singkat dan sesi pelatihan untuk belajar bagaimana sistem baru akan mempengaruhi pekerjaan anda dan operasi prosedur baru nantinya.
  8. Terakhir tetapi pasti, anda akan menggunakan sistem yang baru tersebut.

 

Referensi :

https://bit.ly/2TncHWf

https://bit.ly/2Wxs8gg

https://bit.ly/2RY4gUp

https://bit.ly/2E5mgVC

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s